28 Juni 2015

Finally, Singapore!

My first time to visit Singapore. Alone.

traveling sendirian mungkin masih terkesan aneh untuk sebagian orang. bahkan untuk orang terdekatku sendiri. berbagai komentar negatif tak mematahkan keinginanku. aku tetap excited dengan rencanaku. karena kota ini memang sudah lama masuk dalam list kota-kota yang ingin aku kunjungi.
mendapatkan tiket promo Jakarta-Singapura-Jakarta adalah langkah awalku menjadi solo traveler. pasti ada rasa takut didalam diriku. karena aku belum pernah pergi ke luar negeri dan untuk pertama kalinya aku akan pergi sendirian. aku mencoba untuk melupakan rasa takut itu dengan membaca buku dan bacaan lain tentang pengalaman-pengalaman menjadi solo traveler.


finally, poto dengan background patung singa :)
bergantung pada orang lain membuatku tak akan pernah berpindah. dan pada akhirnya keberanianlah yang mengantarkanku menuju tempat yang kuinginkan. jika aku tak pernah berani mencoba, mungkin hingga saat ini aku tak akan memiliki pengalaman berharga yang kudapat selama travelling.

bepergian sendirian memang membuat kita lebih mengenal diri sendiri. mengambil keputusan sendiri, menanggung resiko sendiri. intinya bertanggung jawab pada diri sendiri.


Jakarta,
28 Juni 2015

1 comments: